Kamis, 23 Februari 2017

Kita Indonesia Bukan Endonesia

Setiap hari kita pasti sering mendengar nama negara kita Indonesia diucapkan dengan kata endonesia. Dan kebanyakan dari kita hanya cuek dan mengamininya saja, seolah itu tidak ada perbedaan apapun. Juga hanya sedikit orang saja yang peduli bahwa negara kita itu bernama Indonesia bukan endonesia.

Tidak tanggung-tanggung mulai dari para pimpinan negeri ini sampai ke masyarakat biasa, dari atas ke bawah, ada saja yang mengucapkan Indonesia dengan kata endonesia. Entah apa sebabnya?


Ada beberapa alasan kata Indonesia diucapkan endonesia yang saya simpulkan :

1. Itu sudah ciri khas logat suatu daerah yang mengucapkan I jadi E.
Coba minta tiga kata ini diucapkan Itali, India, Indonesia. Aneh bin ajaib, mereka akan bilang kata : Itali dengan itali ; India dengan india ; tapi Indonesia dengan endonesia! Aneh tapi nyata...

2. Mungkin juga bahwa mereka belum lulus TK [Taman Kanak-kanak]. Di tingkat TK kita ingat dulu pernah diajarkan membaca : "Ini Budi", yang berarti pengucapan i pada kata "Ini Budi" di sini sangat jelas sekali dan bukan diucapkan e yang akan dibacanya "Ene Bude", yang tentu saja mempunyai arti lain.
Jika anda punya anak bernama Budi, apakah mau anak anda dipanggil Bude???

3. Kebiasaan mendengarkan dari para pemimpin, tokoh, celebriti, penyiar di tv, radio, internet.
Kebiasaan yang buruk kok dipertahankan ???

4. Kurang paham soal nasionalisme. Loh orang bule saja lebih nasionalis dibanding orang Indonesia sendiri? Belum pernah saya dengar orang bule mengucapkan endonesia untuk Indonesia.
Juga artinya orang bule lebih pandai membaca dibanding orang Indonesia donk? hehe

5. Tidak cinta tanah air dan tidak ada rasa memiliki. Selama ini banyak aset- aset negara kita yang sudah dikuasai oleh orang asing. Contoh terakhir masalah Freeport yang harusnya di-nasionalisasi bukan diperpanjang kontraknya.

6. Dilihat dari sudut artikulasi, pengucapan huruf "I" lebih berat dan lebih banyak memakan energi, jika dibandingkan dengan mengucapkan huruf "E". Jadi orang Indonesia cenderung malas mengucapkan kata Indonesia dibanding dengan endonesia.

Menurut saya pengucapan nama negara kita Indonesia adalah hal yang sangat penting, bukan sesuatu hal yang bisa diremehkan. Negara kita Indonesia bukan endonesia. Kita harus konsisten, apa yang sudah tertera ya apa juga yang harus disebutkan.
Mungkin Program Nawacita Pak Presiden Jokowi bisa dimulai dari hal kecil seperti pengucapan nama negara kita. Segala sesuatu dimulai dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu.
Jika kita saja tidak menghargai negara kita sendiri, bangsa mana yang akan menghargai negara kita?
Kita Indonesia bukan Endonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar